Thursday 31 August 2023

Apa saja Jenis-Jenis Organisasi di Kampus?

 


Halo, perkenalkan namaku Imad dan aku sekarang ialah seorang mahasiswa semester 3 di salah satu kampus swasta di Solo. Kebetulan sekali ketika aku menulis artikel ini pas sedang ada pengenalan mahasiswa baru atau OSPEK di kampus, jadi kupikir sekalian saja kubuat tulisan tentang serba-serbi kehidupan mahasiswa buat temen-temen yang baru saja masuk di kampus kalian masing-masing.

Oiya, pertama-tama jika para temen-temen yang membaca ini ialah mahasiswa baru/maba, maka kuucapkan selamat datang di kehidupan kampus, selamat datang di dunia perkuliahan. Tak terasa, selangkah lagi kalian akan menemui cita-cita kalian. Yeyy. Sekali lagi selamat !

Bicara tentang kehidupan kampus tentu tidak akan jauh-jauh dari ngobrolin kegiatan organisasi kampus. Selain kita menempuh proses KBM di kelas, tentu kegiatan organisasi menjadi opsi yang menarik untuk kita memanfaatkan waktu kita sebagai mahasiswa. Organisasi di kampus sendiri setahuku secara umum ada 3 macam: student goverment, organisasi pergerakan, dan unit kegiatan mahasiswa.

Pertama kita bahas dulu tentang student goverment. Seperti namanya (goverment: pemerintah) student goverment ialah organisasi yang berperan layaknya pemerintahan di kampus. Contoh dari student goverment ialah BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), dan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Fungsi dari student goverment ini secara umum ialah menjadi fasilitator antara mahasiswa dan pihak kampus (dosen, staff, dll). Apa-apa yang diinginkan atau dibutuhkan mahasiswa disalurkan aspirasinya oleh student goverment ke pihak kampus. Begitu pula sebaliknya, apa-apa yang kampus ingin yang melibatkan mahasiswa akan diurus dan diorganisir oleh student goverment tersebut. Student goverment ini sangat cocok bagi temen-temen yang berminat dalam kehidupan organisasi sekolah atau OSIS pas sekolah dulu.

Kedua ialah organisasi pergerakan. Mungkin kesan dari temen-temen sendiri tentang kata "pergerakan" terlihat sangar. Sekilas anggapan kita tentang organisasi pergerakan ialah organisasi yang biasanya ikut demo-demo di jalan. Tidak salah juga sih. Namun anggapan ini juga kurang tepat. Seperti namanya, organisasi pergerakan ialah organisasi yang sifatnya ialah membuat gerakan. Tujuan dari organisasi pergerakan sendiri sangat bervariasi, tergantung pada latar belakang organisasi tersebut dibentuk. Sebagai contoh organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah atau IMM bertujuan untuk membentuk kader-kader yang cakap dan mumpuni dalam melaksanakan tujuan IMM yang berlandaskan pergerakan Muhammadiyah. Selain IMM ada juga organisasi-organisasi pergerakan lain seperti HMI, KAMMI, dan PMII. Organisasi pergerakan ini tidak jarang memiliki jaringan yang luas dikarenakan, berbeda dengan student goverment yang cakupannya secara umum hanya internal kampus, organisasi pergerakan ini  biasanya memiliki cakupan nasional. 

Dan untuk jenis organisasi terakhir ialah unit kegiatan mahasiswa atau yang biasa kita sebut UKM. UKM ini mirip seperti ekstrakulikuler saat kita masih sekolah dulu. Bedanya ialah di UKM ini kita lebih dilepas oleh guru/pembimbing untuk melakukan kegiatan. Di UKM ini kita bisa mengasah kemampuan atau hobi kita sembari berlatih berorganisasi. UKM sendiri cukup variatif di masing-masing kampus. Contoh dari UKM ialah, UKM voli, UKM sepak bola, UKM pencak silat, UKM pecinta alam, serta UKM-UKM lainnya. Kalau menurutku, jika temen-temen kurang berminat di bidang keorganisasian tapi ingin ikut di kegiatan-kegiatan kampus, ikutlah UKM. Dari segi kesibukan mungkin bisa dibilang UKM ini lebih santai dari jenis-jenis organisasi lainnya dikarenakan tujuan utama dari UKM ialah menyalurkan hobi, bukan organisasi. Organisasi di UKM ialah hanya sebagai pelengkap supaya kegiatan-kegiatan di UKM bisa berjalan dengan lancar, itu saja.

Sekian celoteh singkatku mengenai jenis organisasi di kampus. Jikalau ada salah aku mohon maaf. Tulisan ini hanya pendapat pribadiku mengenai organisasi di kampus yang kebetulan aku sendiri ikut  bergabung di ketiga organisasi tersebut (student goverment, organisasi pergerakan, maupun UKM). Semoga tulisan ini bisa menambah khazanah temen-temen terkait organisasi dan bisa membuat temen-temen sekalian tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi tersebut supaya bisa menambah skill selain yang dosen ajarkan di kelas. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment